Sabtu, 21 Mei 2011

Nokia Akan Bekerja Sama dengan Microsoft

Hari ini saya baru tahu, ternyata ada kabar mengejutkan dari Nokia. Info yang saya peroleh dariDetikInet , ternyata Nokia sekarang bekerjasama dengan Microsoft. Nokia berencana akan menanamkan Windows Phone 7 di dalam produk-produk barunya. Kita sama-sama tahu kalau Nokia merupakan vendor ponsel terbesar di dunia, sedangkan Microsoft merupakan vendor software terbesar juga di dunia.

Ini memang berita yang sangat menggemparkan bagi para fans Symbian, karena beberapa bulan yang lalu saat Android mulai naik daun di pasaran, Nokia dengan tegas menolak untuk menggunakan Android dan menyatakan akan tetap menggunakan Symbian pada ponsel-ponselnya. Pernyataan tersebut disambut positif para pecinta Nokia dan Symbian yang mengira kalau Nokia akan benar-benar membuat Symbian menjadi OS sejuta umat. Bayangan saya sendiri, Nokia akan membuat Symbian menjadi lebih User Friendly dan juga murah tentunya.

Tapi ternyata saya salah, Nokia sekarang justru menyatakan akan menggunakan Windows Phone 7. Kita sendiri sama-sama tahu, kalau Ponsel-Ponsel yang menggunakan Windows Phone 7 tidak begitu di minati di pasaran. Saya rasa penyebabnya adalah harganya yang kurang bersahabat dengan kantong. Sedangkan fitur-fiturnyapun bisa di dapatkan dari Ponsel dengan OS berbeda dengan harga yang hanya setengah dari harga ponsel ber-OS Windows Phone 7. Langkah Nokia yang menyatakan akan menggunakan Windows Phone 7 menuai banyak protes dari para fans-nya. Bahkan menurut Om Adit, saham Nokiapun langsung turun 9%.


Lalu bagaimana nasip Symbian dan juga Meego yang di gembar-gemborkan Nokia? Menurut saya sendiri, antara Windows Phone 7, Symbian, dan juga Maemo akan tetap diluncurkan Nokia secara bergantian. Tidak mungkin 100% Nokia akan langsung beralih menggunakan Windows Phone 7. Bisa jadi Windows Phone 7 hanya akan menyasar para pengguna kelas High-End, seperti halnya yang di lakukan Microsoft. Sedangkan Maemo akan menyasar kelas Middle-End, dan Symbian di kelas low-End User.

Semoga pendapat saya itu jadi kenyataan, jadi kedepannya Symbian akan semakin murah meriah, kalau tidak terpaksa akan pindah haluan. Mari kita tunggu apa yang akan dilakukan Nokia kedepan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar